Seiring perkembangan tumbuh dan usia anak, kegiatan dan aktivitas anak juga mulai imajinatif dan variatif. Anak mulai aktif bergerak dan bermain sehingga terkadang membuat bunda pusing. Dengan anak aktif bergerak sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi anak seperti meningkatkan kemampuan motorik dan fisik dan belajar menjaga kesehatan dan berat badannya. Kegiatan fisik yang melibatkan banyak gerakan biasanya identik dengan ruangan terbuka yang luas, namun adanya pandemi dan berbagai kendala lain seperti tinggal di gang sempit membuat anak tidak mempunyai akses ke ruang yang luas untuk bereksplorasi. Namun, hal ini tidak bisa dibiarkan saja demi perkembangan anak agar bisa grow happy karena itu bunda harus bisa menyiasatinya dengan berbagai alternatif. Seperti mengajak bermain permainan yang meningkatkan gerak anak namun dapat dilakukan di ruang terbatas. Bunda dapat mencoba beberapa aktivitas ide permainan kreatif dibawah ini.

Membaca buku bersama

Ide permainan kreatif yang pertama adalah ajaklah anak membaca buku bersama dengan pilihan buku yang ringan terlebih dahulu dan banyak pengulangan kata, sambil membaca buku bunda dapat meminta si kecil untuk memperagakan beberapa gerakan yang ada di buku seperti melompat, melambaikan tangan, berjalan dan sebagainya. Hal ini tentunya tetap membuat anak bergerak walau hanya di ruang membaca.

Menari dan bernyanyi

Terlepas dari jenis kelamin si kecil, bunda dapat mencoba mengajak bernyanyi bersama di depan ruang TV dan melihat video untuk menarikan gerakannya, bund dapat mencoba dengan lagu favorit anak atau lagu anak yang sederhana seperti kalau kau suka, pok ame ame, dan sebagainya. Anak dapat meniru dan menyanyikan dengan suka cita. Bunda dapat juga mengajak bermain “menjadi patung”dimana ketika lagu berhenti bunda meminta anak untuk berhenti dan berpura-pura menjadi patung.

Bola voli dengan balon

Hal ini dapat menjadi alternatif perma1nan yang dapat dilakukan di dalam rumah, karena balon tidak terlalu keras sehingga tidak merusak perabotan rumah. Bunda dapat mencoba dengan memasang pita atau tali sebagai net dan mengganti bola voli dengan balon yang lebih aman untuk anak.

Petak umpet

Permainan ini sangat mudah dan sederhana, namun melatih anak untuk belajar banyak dan bergerak aktif. Bunda dapat berpura pura bersembunyi dan meminta anak mencarinya, hal ini akan membuat anak belajar mencari dan mengobservasi lingkungan sekitar, bunda tidak perlu bersembuyi terlalu jauh. Cukup dibawah sofa atau tempat yang mudah dijangkau anak.

Banyak hal bisa bunda lakukan untuk tetap membuat anak aktif bergerak dengan berbagai ide permainan kreatif dan sederhana yang dilakukan di rumah saja. Selain mendukung aktivitas anak bunda juga harus mengimbangi dengan konsumsi makanan yang mendukung aktivitasnya salah satunya adalah susu. Sebagai referensi bunda dapat mengunjungi website growhappy untuk mengetahui berbagai info parenting dan mereview produk susunya yang mendukung tumbuh kembang anak.