Kapan Harus Ganti ShockBreaker Mobil Toyota ?

Mengetahui kapan ganti sparepart shockbreaker mobil toyota pada waktu yang tertentu perlu dilakukan. Shockbreaker sangat penting diperhatikan karena berpengaruh terhadap keselamatan pada saat berkendara. Adapun ciri-ciri kapan waktu mengganti shockbreaker.

Beberapa Tanda Untuk Mengetahui Kapan Harus Ganti Shockbreaker Mobil Toyota

  1. Oli rembes

Oli rembes menandakan ONDERDIL MOBIL shockbreaker mulai bermasalah pada bagian sealnya mengalami kerusakan. Seal yang menjadi penyebab utama kebocoran shockbreaker dan seal tersebut dipastikan rusak harus segera diganti. Seal shockbreaker pada mobil memiliki harga yang bervariatif namun harganya tidak terlalu mahal yaitu sekitar 10 ribu hingga 100 ribu.

  1. Terasa lebih keras bantingan shockbreaker

Tips ganti suku cadang shockbreaker mobil toyota adalah melihat bantingan shockbreaker yang menjadi lebih keras. Hal tersebut terjadi karena terdapat kebocoran pada shockbreakernya yang menandakan shockbreaker telah rusak.

Pada batang as akan menampakkan oli yang bocor. Batang as akan terlihat lebih lembap sehingga membuat bagian seal shockbreaker tampak basah. Oli yang berkurang atau habis dapat menyebabkan dumping shockbreaker menjadi lambat hingga mengalami macet. Shockbreaker yang macet membuat bantingan menjadi keras sehingga gagal respons saat terjadi guncangan.

  1. Mobil terlihat amblas

Tanda onderdil shockbreaker harus ganti adalah mobil sudah terlihat amblas karena oli shocknya berkurang hanya menyisakan pernya saja. Amblesnya shock biasanya terjadi karena mobil lebih sering mengangkut dengan muatan berlebih.

Muatan yang berlebih dan dilakukan secara terus-menerus membuat gesekan pada shockbreaker yang terus-menerus membuat panas. Gesekan tersebut menyebabkan redam kejut menjadi lambat, klep di dalam rusak, dan dapat melelehkan plastik. Jika shockbreaker mobil Anda sudah amblas maka tidak dapat kembali ke posisi semula.

  1. Saat dikendarai mobil menjadi limbung

Mobil yang limbung merupakan tanda bahwa onderdil shockbreaker mengalami kerusakan. Hal tersebut terjadi karena shockbreaker tidak lagi dapat meredam shock secara maksimal atau biasanya disebut mengalami kematian pada suspensinya. Suspense yang sudah mati dapat menjadi penyebab akibat kondisi as shockbreaker rusak akibat terjadi goresan yang berlebih.

  1. Mobil mengayun berlebihan

Ayunan yang berlebih dapat menjadi tanda sparepart shockbreaker mengalami kerusakan. Jika dibiarkan secara terus-menerus dapat membuat komponen lain ikut rusak. Seperti halnya boss arm, ball-joint, tie rod dan long tie rod yang rusak lalu dibiarkan akan merembet.

Keluarnya oli dari tabung shock atau terasa ringan ketika tabung ditarik atau ditekan merupakan tanda shockbreaker sudah habis gasnya atau encer. Namun oli shockbreaker yang encer karena oli menjadi panas selama proses pemakaian.

  1. Timbul suara berisik

Suspensi belakang yang timbul suara berisik dapat menandakan shock absorber tidak dapat berfungsi lagi. Penyebabnya karena terjadinya kerusakan bushing arm. Selain suara berisik yang ditimbulkan juga akan terasa kurang nyaman saat berkendara.

Penyebab bushing arm rusak juga dapat menyebabkan laju mobil tidak stabil menjadi melenceng ke salah satu sisi dan timbul suara berisik. Jika Anda saat mengerem mobil mengeluarkan bunyi kemungkinan bushing stabilizer mengalami masalah.

  1. Ban aus tidak merata

Ban aus menjadi tanda harus ganti suku cadang shockbreaker mobil toyota karena shockbreaker telah mengalami kerusakan pada waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena akumulasi penyebab shockbreaker yang rusak dan didiamkan.

Oleh karena itu, shockbreaker yang sudah ada tanda bahwa mengalami kerusakan lebih baik segera dicek untuk dilakukan perbaikan atau diganti. Karena jika dibiarkan secara terus-menerus dapat menyebabkan komponen lain ikut rusak.

Itulah beberapa tanda bahwa Anda harus ganti onderdil mobil shockbreaker mobil toyota agar tetap nyaman saat berkendara. Shockbreaker yang mengalami kerusakan akan mempengaruhi komponen lain jika tidak segera diperbaiki atau diganti. Lakukan pengecekan rutin untuk melihat kesehatan shockbreaker.

shockbreaker mobil toyota