unnamed 16

(BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

 

Penggemar sepak bola pasti tahu siapa Julio Banuelos Saez. Sosok yang pernah melatih tim Persija Jakarta ini memiliki sejarah panjang. 

Karirnya di sepak bola internasional cukup lengkap. Ia merupakan pelatih sepak bola internasional yang memiliki skill mumpuni. 

Meski begitu, Julio Banuelos Saez juga tak lepas dari protes para penggemar sepak bola di Indonesia, dan untuk itu berikut profil singkat Julio Banuelos Saez yang patut untuk diketahui.

  • Data pribadi Julio Banuelos Saez

Julio Banuelos Saez, asli dari Miranda de Ebro, Spanyol, lahir pada 7 Desember 1970. Pria berusia 51 tahun itu memiliki banyak pengalaman dalam melatih dan mengelola para pemain di timnya.

  • Perjalanan awal karirnya

Nama Julio Banuelos Sáez pertama kali dikenal publik sepak bola Indonesia saat diangkat menjadi pelatih kiper Timnas U-23 Indonesia, Eduardo Pérez, pada masa Luis Milla. Sebelum Julio Banuelos Sáez memulai karir kepelatihannya, ia adalah seorang pesepakbola junior Real Madrid, saat itu Banuelos adalah bek tengah Real Madrid Junior.

  • Karir sebagai pelatih sepakbola

Sebagai pelatih internasional Julio Banuelos Sáez memiliki karir yang panjang, jadi dia bukan seorang amatir ketika memasuki sepakbola Indonesia. Berikut perjalanan karir manajerialnya.

  • Asisten Manajer AEK Larnaca

AEK Larnaca merupakan salah satu klub Spanyol yang levelnya berada di divisi satu. Sekitar waktu ini, Julio Banuelos Saez menjadi asisten manajer Illias Charalampous untuk 11 pertandingan dan David Caneda Perez untuk 6 pertandingan. 

Karirnya dimulai dari Desember 2019 hingga September 2020. Sebagai asisten manajer dari dua di atas, Julio Banuelos Saez adalah asisten pelatih dari AEK Larnaca melalui Thomas Christiansen untuk 68 pertandingan dari 2014 hingga 2016.

  • Manajer Persija Jakarta

Julio Banuelos Saez mulai terkenal di Indonesia saat menjadi manajer Persija Jakarta. Selama menjadi manajer Persija Jakarta, Julio mendapat protes dari pendukung Persija karena penampilannya yang tidak memuaskan.

  • Asisten Manajer Timnas Indonesia U-23

Julio dikenal tidak hanya sebagai pelatih Persija Jakarta, tetapi juga sebagai asisten pelatih timnas Indonesia U23. Dan di Timnas Indonesia U23, Julio menjadi asisten pelatih Luis Milla.

  • Manajer UE Olot

UE Olot adalah singkatan dari Unio Esportiva Olot. Ini adalah salah satu klub di Spanyol. 

Di klub ini, Julio menjadi manajer untuk waktu yang singkat, dari 14 Januari 2013 hingga 11 Juni 2013.

  • Burgos CF

Julio Banuelos Saez pernah menjadi manajer di klub sepakbola Burgos CF pada tahun 2011.

  • CD Mirandes

Julio Banuelos Saez juga manajer klub sepak bola CD Mirandes, posisi yang diperolehnya pada 2008.

  • Alaves

Julio Banuelos Saez telah memegang tiga jenis posisi di Alaves Football Club, pada Februari 2008 Julio menjadi asisten pelatih José Maria Salmeron. Kemudian, ia menjadi manajer sementara menggantikan José Maria Salmeron. Dan sebelum menjadi asisten pelatih, Julio sudah menjadi pelatih pada 2006.

 

Julio Banuelos Saez menjadi terkenal di Indonesia ketika ia menjadi manajer Persija Jakarta dan asisten pelatih tim Nasional U-23 Indonesia. Saat menjadi direktur Persija Jakarta, Julio mendapat protes dari pendukung Persija atas penampilannya yang kurang memuaskan.

Dan Julio menjadi asisten manajer dari Luis Milla di Timnas Indonesia U-23. Selain itu, Julio Banuelos Saez juga pernah menjadi asisten pelatih dan manajer beberapa tim sepak bola di Spanyol, namun rekor tersebutlah yang membuat Julio dikenal oleh para penggemar sepak bola di Indonesia.