unnamed 9

Memiliki kehidupan yang tenang tanpa adanya beban pinjaman tunai pasti menjadi keinginan semua orang. Karena pada akhirnya semua memikirkan hari tua, masa di mana idealnya harus menikmati kerja keras di masa muda. 

Dari situlah muncul keinginan untuk memilih pensiun dini untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Pensiun dini biasanya tidak jadi masalah jika kamu masih berusia muda (20-35 tahun). Di usia muda merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan pensiun dini dengan aman? Simak beberapa tips berikut.

Cari Tahu Kebutuhan Dana untuk Pensiun

Pertama, kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa dana pensiun yang akan dikumpulkan. Jadi, pahami segala kebutuhan yang sekiranya dibutuhkan pada saat pensiun nanti. Perhitungkan juga nilai inflasi pada saat usia kamu mau pensiun.

Kamu bisa secara perlahan menyisihkan antara 10-20% dari gaji bulanan untuk ditabung. Jumlah tersebut masih dapat berubah, tergantung dengan kebutuhan yang harus dipenuhi dan kemampuan menyisihkan gaji.

Jika ingin cepat pensiun muda, tentu saja dana pensiun tidak bisa diendapkan pada jenis simpanan biasa seperti tabungan atau deposito. Tetapi, perlu diinvestasikan agar terus bertumbuh. Di sinilah peran kamu memilih investasi yang tepat agar bisa lebih cepat pensiun di usia muda di bawah 60 tahun.

Kurangi Pengeluaran Bersifat Konsumtif

Biasanya, hal yang dapat menghabiskan uang adalah seringnya membeli barang-barang bersifat konsumtif. Jika kebiasaan tersebut masih sering terjadi, maka kamu tidak bisa menyisihkan penghasilan untuk persiapan pensiun nanti.

Jadi, sekarang saatnya kamu mulai untuk memperhatikan pengeluaran dan pola berbelanja. Prioritaskan kebutuhan primer terlebih dahulu dan sisihkan sebagian dari penghasilan untuk dana pensiun. Nah, jika uang masih sisa, baru dapat kamu belanjakan untuk kebutuhan konsumtif.

Mulai Berinvestasi

Jika kamu sudah tahu total keseluruhan dana yang harus dikumpulkan untuk masa tua nanti, sekarang saatnya mulai berinvestasi. Misalkan usia kamu saat ini adalah 20 tahun dan akan pensiun di umur ke 35 tahun, maka masih ada waktu yang lama, yaitu 15 tahun.

Akan lebih baik juga kamu gunakan untuk berinvestasi yang minim risiko, seperti reksadana, obligasi, dan lainnya. Atau kamu bisa berinvestasi emas, yang mana emas selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Bangun Pasif Income

Kamu harus mulai menyiapkan dana pensiun sejak muda, karena pada saat memasuki usia lanjut, penghasilan juga lama-lama akan menurun atau bahkan berhenti. Ini menjadi alasan kenapa kamu harus mulai membangun pendapatan melalui pasif income.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membangun pasif income. Pertama, kamu bisa memiliki aset-aset digital, seperti website, akun youtube, media sosial, dan lainnya yang bisa menghasilkan pemasukan. Kedua, kamu bisa memanfaatkan aset yang dimiliki menjadi sumber penghasilan.

Misalnya, kamu memiliki aset properti, maka kamu bisa menyewakannya ke orang lain dan mulai dapatkan pemasukan. Namanya pasif income, tidak harus selalu ada pemasukan besar setiap hari, karena ini bukanlah sumber penghasilan utama kamu.

Tetaplah konsisten dalam mengelola aset produktif sumber penghasilan sampingan ini.

Siapkan Dana Darurat

Tidak hanya mempersiapkan dana pensiun dini saja, jangan lupa untuk tetap menyiapkan dana darurat. Mengapa? Karena dana ini akan sangat berguna jika suatu saat kamu mengalami masa sulit yang tak terduga. 

Misalnya, tiba-tiba usaha yang kamu jalani gulung tikar, mulai kehilangan pekerjaan, dan musibah lainnya.

Nah, dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu pusing dan bingung lagi. Selain itu, uang yang lain juga akan aman, karena uang untuk kebutuhan mendesak ini sudah dipisah dari tabungan kamu.

Tapi jika kondisinya berbeda, dana darurat tetap bisa kamu dapatkan lewat pinjaman tunai seperti Kredifazz. Bunganya sangat terjangkau hanya 0.3% saja per bulan, jauh lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Cukup siapkan KTP saja, dan daftar lawat aplikasi resmi Kredifazz. Pencairan hanya butuh waktu kurang dari 24 jam saja kok.

Kredifazz sudah terdaftar di OJK, sehingga semua proses transaksi kamu aman dan terenkripsi dengan baik. 

Itulah beberapa cara siapkan dana pensiun dini yang aman. Dengan adanya suatu rencana yang jelas, mendapatkan kehidupan yang tenang dan sejahtera bukan lagi hanya sebuah impian. Sehingga, kamu bisa menghabiskan waktu bersama pasangan maupun keluarga.