Pada saat bayi berusia 6 bulan, mereka sudah bisa makan makanan padat (MPASI) dengan tekstur padat namun masih harus dihaluskan. Ada banyak jenis makanan untuk MPASI yang bisa ibu sajikan untuk bayinya, salah satunya bubur sereal MPASI bayi. Saat ini di pasaran ada banyak sekali jenis makanan tersebut, apakah bayi harus makan sereal? Bagaimana cara membuat bubur sereal untuk bayi? Berikut penjelasan lengkapnya.

Alasan Perlu Memberi Sereal Pada Bayi

Mengutip dari Mayo Clinic, gandum utuh berperan sebagai sumber zat besi yang baik, yang penting untuk tumbuh kembang anak Anda. Teksturnya yang lembut membuat sereal terasa enak di mulut si kecil dan relatif tidak menyebabkan alergi.

Biji-bijian yang bisa Anda berikan kepada bayi Anda adalah oatmeal, beras atau gandum bertekstur lembut. Biasanya sereal jenis ini tidak menyebabkan alergi. Sebaliknya, itu memungkinkan ibu untuk membiasakan si kecil dengan makanan baru, dalam hal ini sereal.

Bisakah Anda menggunakan sereal instan? Mengutip situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), para ibu bisa segera memberi makan instan pada bayinya setelah sulit menyiapkan makanan padat sendiri. Proses pembuatan makanan pendamping ASI komersial mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Proses ini meliputi kandungan gizi, higienitas dan kebutuhan mikronutrien dan makronutrien anak. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang sereal bayi yang Anda temukan di supermarket. Untuk menambah nutrisi, Anda bisa menambahkan sumber makanan lain seperti ayam, daging sapi, sayuran yang dibuat sendiri di rumah.

Cara Membuat Sereal Untuk Bayi

Sebelum menyiapkan sereal untuk makanan bayi Anda, Anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa bayi Anda siap untuk makanan padat. Salah satunya adalah fakta bahwa bayi dapat menegakkan lehernya dan mengangkat kepalanya tinggi-tinggi. Setelah Anda tahu bayi Anda siap untuk makanan padat, berikut adalah beberapa cara mudah untuk menyiapkan dan menyajikan sereal MPASI bayi.

Pertama, Anda bisa menyiapkan sumber karbohidrat seperti gandum atau oatmeal kemudian Anda bisa memadukannya engan daging, sayur, ASI maupun susu formula. Anda juga bisa menggunakan sereal instan yang banyak ditemukan di supermarket dengan merek produk yang memang sudah terpercaya seperti Nestle Cerelac.

Tekstur sereal yang dibuat juga harus diperhatikan sesuai dengan usia si kecil. Anda bisa memadatkan teksturnya seiring bertambahnya usia si kecil. Untuk yang masih berusia 6 bulan dan baru menerima MPASI, sebaiknya tekstur dibuat selembut dan sehalus mungkin.

Untuk porsi sereal MPASI bayi, tidak perlu terlalu banyak. Cobalah berikan satu porsi makan sebanyak 2-3 sendok makan. Kemudian perlahan tambahkan jika si kecil meminta lebih seiring bertambahnya usia dan jangan dipaksa apabila anak menolak untuk makan karena sudah kenyang.