Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi premium yang dikenal di seluruh dunia. Bahkan, kini menjadi produsen kopi terbaik nomor tiga setelah Brasil dan kolombia dengan kemampuan menyuplai kebutuhan dunia sebesar 7 persen.

Kopi Lokal yang Termasuk Kopi Premium

Setidaknya terdapat 16 jenis kopi lokal yang telah menembus pasaran dunia. Tak tanggung-tanggung semuanya termasuk jenis kopi terbaik premium yang memiliki harga fantastis. Kopi luwak salah satunya.

Kopi Liwa atau Luwak

Kopi ini merupakan jenis kopi kelas dunia yang super premium. Telah diakui kenikmatannya oleh para pakar kopi global. Merupakan hasil fermentasi yang dilakukan di dalam perut luwak hingga memberikan cita rasa yang luar biasa unik dan nikmat.

Biji kopi yang kemudian keluar bersama kotoran luwak, dibersihkan dan dikeringkan. Lalu dilanjutkan dengan pemrosesan standar kopi pada umumnya. Dengan cita rasa yang tidak ada tandingnya, pantas jika kopi ini dihargai sangat mahal.

Kopi Jenis Arabika Flores Bajawa

Kopi ini termasuk kopi yang terbaik. Tumbuh di dataran tinggi Ngada, Nusa Tenggara Timur sehingga amat cocok sebagai lahan penanaman kopi. Jenis ini mempunyai cita rasa yang khas, yaitu sedikit pahit dengan adanya sensai kacang dan aroma tembakau yang khas.

Jangan membayangkan aroma tembakau pada sebatang rokok, harumnya berbeda dan khas. Banyak yang mengatakan bahwa harum khas ini karena adanya debu vulkanik Gunung Inerie.

Kopi Jenis Arabika Gayo

Kopi Gayo juga merupakan salah satu jenis lokal yang mendunia.Teksturnya cenderung encer, tidak terlalu pekat dengan tingkat kepahitan sedang. Jika Anda bukanlah penyuka kopi asam, maka kopi ini adalah pilihan terbaik, karena tingkat keasamannya seimbang.

Cara ternikmat untuk menikmati secangkir kopi gayo adalah dengan menyeduhnya tanpa gula. Dengan tingkat keasaman yang sedang, makan cita rasa alaminya akan keluar dan terasa lebih sempurna.

Kopi Robusta Sidikalang

Keopi jenis ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kopi dengan harum yang sedang. Cita rasanya menyerupai coklat dengan rasa manis yang tersamar. Memiliki tingkat keasamanan  yang rendah sehingga sesuai dengan penggemarnya yang memiliki masalah lambung.

Kopi sidikalang memiliki long after taste yang unik, yaitu rasa yang tertinggal di dalam mulut dan tenggorokan, bahkan setelah meminumnya. Ini adalah salah satu faktor yang membuat kopi ini digemari oleh penikmatnya.

Kopi Arabika Kintamani Bali

Kopi nikmat ini mempunyai rasa yang unik, karena adanya dominasi asama citrus yang segar ditambah dengan wangi bunga yang khas. Tingkat kekentalannya sedang sehingga tidak terasa terlalu pahit.

Penikmat kopi premium pasti memiliki kopi favoritnya masing-masing. Namun bukan berarti jenis yang lain tidak memiliki kenikmatan yang sama. Justru, karena setiap biji kopi unik, maka banyak kopi lokal Indonesia yang kemudian mendunia.